Official Site LMI MADIUN :
Home » , » TIGA KATA AJAIB : Terimakasih, Tolong, Maaf

TIGA KATA AJAIB : Terimakasih, Tolong, Maaf

Written By LMI Madiun on Kamis, 13 September 2012 | 23.53



1.       Terima Kasih
Ucapan terimakasih adalah salah satu kata- kata ringan yang memiliki pengaruh luar biasa. Ia adalah salah satu dari sedikit kata – kata ajaib yang bisa menyatukan keluarga. Jika sebuah keluarga membiasakan seluruh anggota keluarga mengucapkannya, akan memperoleh kekompakan yang diluar bayangan !. keluarga anda akan menjadi keluarga yang berlomba untuk saling menghargai dan menghilangkan rasa iri antar saudara, sehingga mengurangi kecenderungan kakak dan adik untuk bertengkar.
       Ucapan Terima kasih, juga bisa menumbuhkan rasa empati yang luar biasa, merendahkan emosi dan kemarahan seseorang dan menggantinya dengan ikatan batin satu dengan yang lain. Bagi yang mengucapkan terimakasih, ia telah belajar untuk menghargai orang lain, walau sekecil apa pun penghargaan tersebut. Sementara bagi bagi yang menerima ucapan terimaikasih ia akan memperoleh penghargaan, yang selanjutnya menumbuhkan kasih sayangnya kepada si pengucap terimajkasih tersebut. Selanjutnya ia akan tertular keinginan untuk juga mengucapkan terima kasih kepada anggota keluarga yang lain. Sesungguhnya ini adalah dasar – dasar penting pembelajaran kecerdasan emosi seseorang.
2.       Tolong
       Tolong, kata ajaib kedua yang juga membuat seseorang cukup dihargai. Walaupun orang tua / ayah dan ibu punya hak untuk menyuruh anak – anak membantu orang tua misalnya, tetapi ketika orang tua melakukannya dengan kalimat – kalimat perintah, maka anak akan melakukan pekerjaan – pekerjaan tersebut lebih sebagai kewajiban yang harus ditunaikan berkaitan dengan kedudukannya sebagai anak yang harus taat kepada orang tua. Tetapi jika orang tua menyampaikan perintah dengan cara yang lembut dan dibumbui dengan kata ajaib ‘Tolong’, maka anak akan merasa dirinya dihargai oleh orang tuanya. Mereka merasa bangga menjadi penolong orang tuanya, sehingga melakukan pekerjaan tersebut dengan kebanggaan ibarat seorang pahlawan.
       Jika dalam keluarga anda masing- masing orang telah terbiasa senantiasa mengucapkan ‘ tolong‘ ketika menginginkan anggota keluarga lain melakukan pekerjaan bagi dirinya, maka masing-masing akan mau melakukan pekerjaan tersebut dengan bangga. Sehingga kata ajaib tolong pun mampu merendakan iri antar saudara dan menghindarkan peperangan antara mereka yang biasa terjadi antara kakak dan adik.
3.       Maaf
       Kata ajaib ‘Maaf’ memiliki manfaat terutama untuk meredakan rasa marah seseorang. Begitu banyak orang yang kemudian tidak tega untuk marah terhadap kelalaian orang lain, setelah melihat betapa orang tersebut secara tulus dan berani menyatakan permintaan maaf dan penyesalan atas kelalaiannya.
       Diantara anggota keluarga yang satu dengan yang lain, pastilah terjadi begitu banyak gesekan dan perselisihan baik besar maupun kecil, yang menyebabkan perselisihan antara satu dengan yang lainnya. Maka pembiasaan untuk mudah meminta maaf, akan cepat meredakan marah dan emosi negative yang timbul sehingga menyatukan kekompakan keluarga. Ucapan ‘maaf’ ini tentu saja juga berlaku untuk orang tua. Orang tua juga tdak jaga image untuk mengucapkan kata maaf ika berbuat kesalahan. Terbuka jika berbuat salah dan tidak malu mengakuinya.

       Selamat berlatih menggunakan ketiga kata ajaib ini dalam keluarga anda !!!

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Layanan Gabung Donatur

Program Terbaru

Program Terbaru

Nomor Rekening Donasi LMI Madiun

Calculator Penghitung Zakat

Fanspage Facebook

 
Support : Creating Website | Puji Rianto | Putri Yanuarsih
Proudly powered by Lmi IT
Copyright © 2013. lmi madiun - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template